Bos PII Ungkap Cerita di Balik Peluncuran PPP Smart Hub

PT PII

Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII), M Wahid Sutopo mengungkapkan cerita di balik peluncuran platform skema kerja sama pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) small scale, atau PPP Smarthub. Platform ini diharapkan bisa untuk mendorong proyek-proyek KPBU berskala kecil seperti penerangan jalan, rumah sakit, jembatan, hingga sistem penyediaan air minum (SPAM).

“Kami memperkenalkan PPP Smarthub sebagai wadah untuk mendukung KPBU skala kecil serta inovasi financing community sebagai komunitas praktis yang merupakan komitmen kami memperkuat kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai pihak dalam mendukung penyediaan infrastruktur yang memberi manfaat bagi masyarakat luas,” ungkap dia dalam 13th Anniversary of PT PII, Rabu (1/3/2023).

Diketahui peluncuran platform PPP Smarthub dilakukan untuk mendukung keberlangsungan ekosistem innovative financing atau pembiayaan inovatif. Adapun pembiayaan inovatif adalah salah satu upaya untuk mengatasi anggaran pemerintah yang terbatas dalam mendorong percepatan pembangunan infrastruktur.

Menurut dia, kehadiran PPP Smarthub juga untuk memberikan pendampingan proyek kepada Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) dengan tidak membebani fiskal daerah. Platform ini juga bertujuan untuk memberikan akses kepada investor dan lenders untuk bersama-sama menyiapkan proyek KPBU skala kecil yang lebih berkualitas.

Sutopo berharap melalui pembiayaan inovatif, peran swasta menawarkan solusi ketertinggalan penyediaan infrastruktur, baik dari kuantitas maupun kualitas. Pasalnya pihak swasta memiliki keunggulan dalam melaksanakan mengelola risiko dan inovasi dalam proyek infrastruktur.

“Ke depan kami akan memberikan komitmen kami bersama dengan special mission vehicle lainnya untuk menjadi entitas penggerak yang terpercaya dalam mendukung upaya akselerasi penanganan infrastruktur dan pembangunan berkelanjutan,” ujar dia.

Sebagai informasi, PT PII telah memberikan penjaminan kepada total 48 proyek yaitu 32 proyek KPBU dan 16 proyek Non-KPBU. Adapun untuk Small Scale KPBU yang pernah dilaksanakan PT PII adalah penjaminan atas proyek infrastruktur untuk Proyek Alat Penerangan Jalan (APJ) di Kabupaten Madiun, Jawa Timur dan merupakan pertama di Indonesia yang berhasil menyelesaikan tahapan transaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*